Sudah Tahu Bacaan Doa Ziarah Kubur? Yuk, Kita Hafalkan

 



Sebenarnya terdapat beberapa versi mengenai bacaan doa ziarah kubur. Meski demikian, pada setiap versinya sama-sama bertujuan untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia. Tak hanya sekedar mendoakan saja, kegiatan ziarah kubur juga sebagai pengingat akan kematian.

Dalam pandangan agama Islam, ziarah kubur adalah salah satu amalan sunnah. Dengan kata lain, tidak ada kewajiban bagi setiap Muslim untuk melakukan berziarah kubur. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa hal itu membuat kita tidak melakukan ziarah kubur sema sekali lho!

Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai bacaan doa ziarah kubur beserta artinya. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Bacaan Doa Ziarah Kubur dan Artinya

“Alloh hummagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu wa akrim nujulahu wawasi’madholahu, waghsilhu bilmai wassalji wal barodi wanaqihi minal khotooya, kama yunaqqo saubul abyadu minaddannasi wa abdilhu, darron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa jaujan khoiron min jauzihi wa adhilhul jannata wa ‘aidhu min ‘adzabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzabinar, allohumaghfir lihayyina wa mayyitina wa sahhidiina wa minna fa ahyihi ‘alal islami wa man tawafaitahu minna fatawafahu alal iiman allhoumma la tuhrimna azrohu wa laa tudillanaa ba’dahu birohmatikayaa arhamarrohimiin, wal hamdu lillahi robbil ‘aalamiin“.

Artinya : Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.

Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Hukum Ziarah Kubur Dalam Agama Islam

Sempat terjadi kontroversi mengenai hukum berziarah kubur, terlebih di kalangan umat Islam yang masih awam. Ya, ada yang mengatakan haram dan ada juga yang mengatakan halal. Padahal, ziarah kubur merupakan sebuah amalan yang hukumnya bersifat sunnah (tidak wajib). Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam sebuah hadits riwayat HR. Ibnu Majah seperti berikut :

Rasulullah SAW bersabda : “(Dulu) aku melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) berizarahlah kalian ke kuburan, sesungguhnya ziarah kubur membuat kalian zuhud di dunia dan mengingatkan kalian pada akhirat“.

Selain itu, para peziarah juga dianjurkan untuk mendoakan orang-orang yang berada di dalam kubur. Akan tetapi, masih ada sebagian dari masyarakat yang kerap melakukan Syirik.

Bagaimana tidak? sebab ada sebagian para peziarah yang justru malah memohon atau meminta petunjuk pada kuburan tersebut. Tentu saja pebuatan Syirik sangat dibenci oleh Allah SWT, dan dosanya pun sangatlah besar.

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sudah Tahu Bacaan Doa Ziarah Kubur? Yuk, Kita Hafalkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel