Sejarah Internet dan Beberapa Istilah yang Harus Kamu Ketahui

 

SD WAN

Penggunaan internet pastinya udah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan penggunaan internet sudah terjadi diberbagau sektor. Sebenarnya kamu sudah tahu belum sejarah dari internet dan istilah yang ada seperti LAN, MAN, WAN, dan SD WAN yang berkaitan erat dengan internet. Biar tahu, mari bersama-sama ulas dan bahas di artikel ini.

 

Sejarah Internet

Ternyata internet dimulai pada tahun 1960-an dan awalnya digunakan sebagai suatu cara oleh para peneliti untuk berbagi informasi. Komputer di tahun 60-an memiliki ukuran yang besar dan tidak bergerak. Jika seseorang ingin memanfaatkan informasi di suatu komputer, orang tersebut harus pergi ke lokasi komputer berada atau harus memiliki kaset komputer magnetic yang dikirim melalui sistem pos konvensional. Pada 1 Januari 1983 merupakan hari lahir resmi internet. Pada tanggal tersebut ARPANET dan Jaringan Data Pertahanan secraa resmi berubah menjadi standar TCP/IP.

 

Pengertian Internet

            Secara sederhana, interne merupakan sebuah arsitektur sistem yang telah merevolusi komunikasi dan metode perdagangan dengan memungkinkan berbagai jaringan komputer di seluruh dunia untuk saling terhubung. Kemampuan internet sangatlah kuat. Internet bisa digunakan dihampir semua tujuan yang brgantung pada informasi dan dapat diakses oleh setiap individu.

 

Fungsi Internet

Mungkin sebagian dari kamu bertanya mengapa internet diciptakan? Internet sendiri diciptakan untuk memberikan informasi yang cepat, bebas serta tanpa hambatan karena dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya dalam waktu singkat. Selain itu, beberapa fungsi internet lainnya adalah :

1.      Sebagai media untuk bertukar sumber daya dari pengguna internet satu ke pengguna lainya. Banyak hal menarik yang bisa dibagikan seperti resep, artikel, jurnal, foto, video dan sebagainya.

2.      Internet bisa digunakan untuk mengakses berita, apalagi sekarang karena internet perkembangan dalam mengakses berita semakin cepat. Namun, perlu diimbangi juga dengan sumber dari berita yang terpercaya.

3.      Kemudahan dalam berbelanja dan menikmati hiburan dari rumah. Sekarang kamu tidak perlu antri untuk berbelanja ke supermarket. Belanja bisa dilakukan dari rumah dengan bantuan internet. Akses untuk menikmati hiburan pun lebih mudah dengan adanya internet.

 

Beberapa istilah dalam internet

            Setelah mengetahui mengenai sejarah, pengertian, dan fungsi internet, kamu juga harus tahu beberapa istilah mengenai internet. Apa aja, ya?

  1. Network

Network adalah jaringan terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung untuk berbagi sumber daya (seperti printer dan CD, atau untuk bertukar file, dan untuk komunikasi elektronik. Ada beberapa tipe koneksi yaitu ada LAN, WAN, dan juga MAN. LAN adalah Local Area Network, jaringannya terbatas pada area yang relative kecil. MAN (Metropolitan Area Network­) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area metropolitan, dan WAN (Wide Area Network) yang merupakan jaringan di wilayah geografis yang lebih besar.

  1. Data Center

Data Center adalah lokasi fisik yang paling umum sebuah bangunan yang menampung layanan dan infrastruktu TI dan komputisasi inti.

  1. SD-WAN

SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network) yang berarti jaringan dengan area yang luas yang ditentukan oleh software atau perangkat lunak dapat membantu jaringan yang luas untuk menangani lalu lintas jaringan pada protokol tertentu. Kelebihan dalam penggunaan SD-WAN adalah konektifitas dengan biaya yang rendah, menghasilkan performa yang baik pada cloud, bisa menautkan berbagai ISP yang berbeda dibanndingkan dengan lingkungan WAN yang tradisional.

Nah, sekarang kamu sudah tahu mngenai sejarah, pengertian, serta fungsi dan beberapa istilah dari internet. Semoga artikel ini membantu bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Internet dan Beberapa Istilah yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel