5 Buah yang Dapat Membantu Kurangi Nyeri Asam Urat

 

asam urat

Asam urat dikenal sebagai salah satu penyakit dengan pantangan berbagai jenis makanan. Di antaranya adalah jeroan sapi, daging merah, dan kacang-kacangan. Namun, ada juga beberapa buah-buahan yang mampu bantu mengurangi nyeri penyakit satu ini.

Buah untuk Asam Urat

Buah memang diketahui sebagai sumber vitamin yang sangat tinggi dan mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ternyata ada pula beberapa buah yang mampu menjaga kadar tingkat asam dalam urat tetap normal dan cocok dikonsumsi setiap hari, yaitu:

1.     Kelompok Buah Citrus

Anda tentu tahu bahwa jenis buah-buahan dalam kategori citrus ini punya tingkat kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C dapat membantu mengurangi efek peradangan. Contoh buah-buahan kelompok citrus adalah varian jeruk.

2.     Ceri

Menurut hasil studi penelitian tahun 2012 ditemukan bahwa asupan dalam buah ceri dikombinasikan allopurinol bisa bantu tekan risiko bagi penderita asam urat sebanyak 75%. Kandungan antosianin dalam buah ceri dapat menghambat peradangan pada bagian persendian.

3.     Nanas, Pepaya, dan Semangka

Ketiga buah ini sangat sering ditemukan sebagai campuran es buah. Rasanya yang segar dapat mengembalikan semangat seketika. Namun, ternyata di balik kesegaran yang ditawarkan juga ada khasiat lainnya.

 

Nanas, pepaya, dan semangka ternyata dapat memberi perlindungan pada sendi Anda sehingga terhindar dari peradangan, sebab sifat anti-oksidan dan kandungan vitamin C di dalamnya. Khusus nanas juga dapat bantu mengurangi nyeri saat gejala terjadi.

4.     Blewah

Buah segar lainnya yang punya khasiat anti-radang adalah blewah. Anda akan mudah menemukan buah ini pada musim panas dan bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan makanan maupun minuman.

 

Tingginya kandungan vitamin C dalam blewah membuat buah satu ini dapat bantu menghindarkan peradangan juga menurunkan kadar asam yang tinggi dalam tubuh manusia. Selain itu, konsumsi blewah juga mencukupi kebutuhan Anda akan vitamin A, B kompleks, kolin, dan kalium sehingga mampu mengurangi nyeri saat gejala kumat.

5.     Kelompok Buah Beri

Penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan dengan gula tinggi atau harus membatasinya. Dalam buah-buahan juga sering ditemukan fruktosa yaitu kandungan gula tinggi. Namun, tidak semua buah demikian.

 

Buah-buahan kelompok beri-berian ternyata dapat bantu menyehatkan penderita karena kaya vitamin C dan tidak mengandung fruktosa tinggi. Anda bisa mencoba buah seperti stroberi, blueberry, atau cranberry.

 

Para penderita asam urat memang wajib menjaga konsumsi makanannya, jangan sampai malah membuat penyakit kambuh sehingga membuat penderita semakin merasa tidak nyaman. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat disertai buah-buahan segar di atas, maka risiko terjadinya gejala pada penderita dapat selalu dijaga. Bagi Anda yang ingin dapat lebih banyak informasi menarik soal dunia kesehatan bisa bertandang ke Orami.co.id.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Buah yang Dapat Membantu Kurangi Nyeri Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel