Tanya Dokter Tentang Bayi Tentang Cara Menjaga Berat Ideal Selama Hamil

 


Hal wajar yang akan dialami oleh ibu hamil yaitu mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan selera makan Anda akan meningkat selama kehamilan. Mengkonsumsi makan yang bergizi dengan gizi seimbang memang sangat dianjurkan agar janin tumbuh dengan sehat dan berkembang dengan baik. Namun demikian, Anda tetap harus memperhatikan berat badan Anda agar tidak mengalami obesitas. Anda dapat berkonsultasi dengan tanya dokter tentang bayi serta cara menjaga berat badan ideal ketika hamil.


Tips Menjaga Berat Badan Ideal Selama Hamil

Mengalami kelebihan berat badan tentu tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika Anda sedang mengandung. Dampak kelebihan berat badan bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Berikut adalah beberapa cara agar berat badan terkontrol selama kehamilan.

Mengendalikan Nafsu Makan

Hampir semua ibu hamil akan mengalami ngidam atau lonjakan nafsu makan. Agar berat badan tetap terjaga maka Anda harus berusaha mengendalikan nafsu makan tersebut. Anda tidak harus mengkonsumsi semua makanan yang Anda ingin, apalagi jika makanan tersebut tidak sehat. Jika Anda begitu menginginkan mengkonsumsi makanan tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Konsumsi Makanan Sehat

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang banyak agar dapat membantu janin dapat berkembang dengan baik. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makan sehat seperti buah dan sayur. Anda juga perlu mengkonsumsi karbohidrat agar mendapatkan energi untuk beraktivitas. Sumber makan memiliki kandungan karbohidrat diantaranya seperti sereal, oatmeal, nasi, jagung dan kentang. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengasup protein baik hewani maupun nabati. Telur merupakan sumber protein yang terjangkau dan dapat mencerdaskan janin.

Anda juga memerlukan makanan yang mengandung lemak sehat yang terdapat pada alpukat, zaitun atau jagung. Sebaik Anda mengkonsumsi buah dan sayur yang berbeda agar mendapatkan berbagai macam vitamin dan mineral yang diperlukan Anda dan janin.

Porsi Makan Kecil Namun Sering

Agar berat badan tidak mengalami kenaikan yang berlebihan maka Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil. Cara ini akan memungkinkan Anda untuk makan berkali-kali tanpa khawatir berat badan naik tidak terkendali. Anda juga dapat mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan atau sayuran yang direbus.

Konsumsi Banyak Air Putih

Air putih memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan ginjal, menyegarkan kulit dan menjaga cairan tubuh. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih yaitu sekitar 2,5 hingga 3 liter. Hal ini akan membantu Anda agar tidak mengalami dehidrasi serta juga ampuh untuk mengontrol berat badan.

Olahraga Ringan

Hamil bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas. Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga ringan atau olahraga khusus ibu hamil. Olahraga ringan selama 30 menit dapat menjaga berat badan ideal. Selain itu, senam kehamilan juga akan membantu kelancaran dalam bersalin nanti.

Hindari Makanan Instant

Sebaiknya Anda berhenti mengkonsumsi makanan instan ketika sedang mengandung. Jika Anda sangat ingin mengkonsumsinya maka jangan terlalu sering. Selain tidak sehat, makanan instan tidak mengandung banyak nutrisi serta dapat memicu obesitas.

Demikian tips yang bisa kami sampaikan untuk mengontrol berat badan ideal selama hamil. Agar mendapatkan nutrisi yang cukup sebaiknya Anda mengkonsumsi susu untuk kehamilan. Susu mengandung energi sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengontrol nafsu makan namun kebutuhan nutrisi tetap tercukupi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Tentang Bayi Tentang Cara Menjaga Berat Ideal Selama Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel