4 Tips Menyiapkan MPASI saat Hendak Bepergian

 


Memberi makan bayi Anda di kala Anda harus bepergian bisa menjadi masalah tersendiri. Jika di rumah Anda bisa menggunakan berbagai peralatan masak dan bahan yang lengkap untuk memasak makanan anak, ini tidak bisa Anda lakukan ketika bepergian. Untuk mencegah kesulitan menyiapkan makanan pendamping ASI atau MPASI, tips berikut akan membantu Anda.

1.Siapkan MPASI Instan

Ketika bepergian, Anda dapat membawa MPASI instan yang memiliki aneka rasa. Pilihlah rasa yang disukai bayi Anda supaya ia makan lahap. Pastikan Anda tidak lupa membawa termos yang berisi air panas untuk melarutkan makanan instan bayi tersebut. 

Anda pun harus memperhatikan tekstur MPASI. Pastikan MPASI instan yg diberikan mempunyai tekstur yang cocok untuk usianya. Dikhawatirkan, bayi tidak mau makan lantaran bubur yang Anda siapkan terlalu keras. 

2.MPASI Beku

Jika Anda khawatir tidak bisa memasak nanti di tempat tujuan, Anda bisa memasak di rumah terlebih dahulu. Akan sangat membantu jika tempat tujuan Anda menyediakan kulkas. Caranya sebenarnya sama dengan memasak makanan bayi setiap hari. 

Cuci semua bahan MPASI kemudian masak seperti biasa, pastikan sudah benar-benar matang. Kemudian masukkan makanan ke dalam wadah makanan kecil, bersih, tertutup rapat dan bekukan di lemari es. Selama perjalanan, ibu perlu menyimpan di cooler bag dan nantinya bisa langsung memasukkannya ke dalam kulkas begitu sampai di tempat tujuan.

3.Pilih Makanan Praktis

Anda bisa menyiapkan makanan yang mudah dibawa saat bepergian. Anda dapat memilih buah-buahan yang mudah dimakan seperti pisang, pepaya potong, atau roti, biskuit bayi, atau keju. Juga, siapkan makanan yang pasti akan disukai anak Anda.

Jangan beri mereka makan yang baru mereka makan sekali untuk menghindari penolakan karena tidak doyan. Jangan menambah beban perjalanan dengan menawarkan menu baru. Ini juga menghindari kemungkinan anak alergi pada suatu makanan.

4.Jangan Bawa Peralatan Terlalu Banyak

Bila bayi Anda tidak terlalu suka bubur bayi instan, Anda bisa membeli bahan makanan dan memasak bubur bayi sendiri di tempat tujuan. Namun, bukan berarti harus membawa semua peralatan dapur saat berlibur. Pastikan Anda membawa peralatan seperlunya saja. Bunda bisa membawa magic jar atau blender berukuran kecil agar tidak berat. 

Jangan lupa juga pisau kecil untuk memudahkan Anda memotong bahan makanan. Bawalah peralatan makan dan celemek bayi untuk mencegah belepotan atau berantakan saat makan. Celemek kain juga bisa memudahkan ibu untuk menyeka sisa makanan dari mulut bayi.

Ketika Anda ingin belanja perlengkapan bayi, belanja online adalah cara yang praktis. Orami merupakan situs belanja online yang mudah Anda akses dimanapun dan kapanpun. Toko yang jual peralatan makan bayi, jual keperluan masak ibu, sampai jualperalatan ruang makan semuanya bisa Anda temukan di Orami.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Menyiapkan MPASI saat Hendak Bepergian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel