3 Macam Obat Sinusitis di Apotik Terbaik

 


Obat sinusitis di apotik bisa efektif menyembuhkan sinusitis apabila pemilihannya tepat dan sesuai dengan penyebabnya. Sinusitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada hidung tepatnya ada di area lapisan sinus. Biasanya penderitanya akan pilek, kemudian hidungnya tersumbat dan mengalami nyeri di bagian wajah. Kalau kamu tidak bisa langsung pergi ke rumah sakit maka pilihan obat sinusitis di apotik adalah yang paling tepat.

Nah sinusitis akan terbagi menjadi tiga macam sesuai dengan tingkat keparahannya. Diantaranya ada sinusitis akut, sinusitis kronis dan sinusitis kambuhan. Dimana pembagian tersebut berdasarkan tempat dan lamanya penyembuhan. Jika akut maka penyembuhannya butuh waktu 2-4 minggu, subakut selama 4-12 minggu, kronis akan berlangsung lebih dari 12 minggu hingga tahunan. Dan kalau sinusitis kambuhan biasanya akan kambuh tiga kali atau lebih selama satu tahun.

Penyebab Seseorang Menderita Sinusitis

Sinusitis bisa terjadi pada siapa saja dan bisa sebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah :

  • Adanya kelainan pada struktur hidung yang kamu miliki.
  • Adenoid atau kelenjar gondok membesar.
  • Adanya infeksi yang terjadi pada gigi.
  • Terjadi cedera pada hidung.
  • Udara yang kamu hirup terlalu kering.
  • Dan sebagainya

Mereka yang menderita sinus akan mengalami kondisi yang lebih parah apabila udara disekitarnya tidak lembab. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan humidifier di kamar tidur kalian.

Beberapa Obat Sinusitis di Apotik yang Direkomendasikan

Untuk bisa menyembuhkan sinusitis memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi harus kamu jalani prosesnya. Agar prosesnya lebih cepat tentu kamu mengkonsumsi obat dari bahan alami, pola hidup yang sehat dan obat yang disarankan oleh dokter. Nah berikut ini beberapa obat sinusitis di apotik yang bisa kamu beli secara bebas tanpa memerlukan resep dokter :

  • Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan golongan obat yang terdiri dari obat semprot hidung, obat yang bisa kamu minum dan juga obat suntik. Untuk dosisnya memang kamu tidak boleh sembarangan dan harus sudah ditentukan untuk menghindari efek samping yang membahayakan.

Secara umum efek samping yang bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi kortikosteroid adalah hipertensi, tekanan darah rendah, sulit tidur, perasaan lemas dan sebagainya.

  • Antibiotik

Antibiotik merupakan obat golongan senyawa antimikroba dimana efeknya bisa menekan ataupun menghentikan proses biokimia yang ada di suatu organisme. Nah ini berguna bagi sinusitis yang infeksinya disebabkan oleh bakteri.

Karena obat antibiotik di apotik itu ada banyak maka kamu harus tau mana yang boleh kamu konsumsi. Untuk sinusitis kamu bisa pilih Amoxicillin, Penisilin, Aminoglikosida, Makrolida, Tetrasiklin, Cephalosporin dan lain sebagainya. Meskipun begitu ketika mengkonsumsi obat jenis ini kamu tetap harus mendapatkan pengawasan dari dokter.

  • Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang secara umum untuk menyembuhkan gejala alergi yang terjadi pada tubuh kamu. Nah sinusitis juga bisa disebabkan oleh alergi, sehingga kalau kamu punya alergi dan kambuh bisa jadi saluran sinus akan bengkak dan mengeluarkan banyak lendir.

Jika kamu mengkonsumsi Antihistamin maka sistem kekebalan tubuh kamu akan menjadi lebih kuat. Termasuk meredakan gejala sinusitis, obat bagi yang alergi debu dan serbuk sari.

Cara Alami Pengobatan Sinusitis

Selain kamu mengkonsumsi obat sinusitis di apotik kamu juga bisa mengikuti pengobatan secara alami. Ada banyak yang bisa kamu coba dan tenang saja cara alami ini tentu saja tidak ada efek sampingnya sehingga tidak akan memperparah kondisimu :

  • Minum air jahe
  • Sering-sering kompres hidung dengan air hangat
  • Konsumsi air minum yang banyak dan jaga tubuh tetap terhidrasi secara maksimal.
  • Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, jangan merokok dan istirahat yang cukup
  • Kamu juga perlu berhenti berenang sementara karena berenang bisa menyebabkan iritasi terutama di saluran pernapasan.

Demikian beberapa obat sinusitis di apotik dan pengobatan secara alami yang bisa kamu coba. Apabila gejala yang kamu alami berlanjut dan semakin parah ada baiknya bawa ke dokter saja untuk menghindari kondisi tubuh yang drop dan membahayakan.

 

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Macam Obat Sinusitis di Apotik Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel